Photobucket
English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Persamaan Serta Perbedaan Blog dan Website

BLOG dan WEBSITE Serupa namun tak sama, itulah istilah yang bisa dikatakan antara blog dan website. Perlu diketahui setiap blog adalah website sedangkan website belum tentu blog . Jadi pada dasarnya, blog adalah website. Yang berbeda adalah "penciptaan dan tujuan diciptakannya" mereka berdua.

Berikut saya tampilkan pengertian Blog diambil dari id.wikipedia.org
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Dan berdasarkan kutipan di atas saya ambil kesimpulan bahwa :

Blog (Web Log) merupakan bagian dari website yang biasanya berisi teks-teks atau artikel-artikel yang di tulis berdasarkan catatan harian, bisa berupa kegiatan sehari-hari atau pemikiran dan ide-ide dll. Pada Blog biasanya antara admin dan pengunjung sering terjadi interaksi baik tanya jawab/diskusi. Karena berupa catatan harian, makanya web satu ini lebih sering diisi oleh pemiliknya sehingga memungkinkan banyak artikel di dalamnya.

Jadi kesimpulannya Blog juga adalah website. Cuma website yang satu ini disebut Blog karena sesuai dengan fungsinya seperti yang saya utarakan di atas.
Lalu kenapa kalau blog selalu ada embel-embel blogspot.com? Bukan .com

Hehehe...Oke, begini ceritanya. Banyak pemula internet mengatakan bahwa perbedaan blog dan website terletak pada URLnya. Jika blog, URLnya "ngikut" domainnya seperti ini namaanda.blogspot.com. Sedangkan Website itu domainnya mandiri kayak detik.com bukan detik.blogspot.com. Nah anggapan itulah yang menyesatkan dan salah, karena nama blogspot.com itu cuman domain gratis yang menandakan anda memakai hosting gratis dari blogspot. Dan domain itu bisa dibeli / diganti. Jadi meskipun blog tetap bisa pakai embel - embel .com,selama si pemilik blog ingin membeli domain .com. Maka blog-nya yang tadinya blogspot.com atau wordpress.com, akan menjadi .com saja. Tetapi tetap saja itu namanya blog atau weblog, bukan website.



Lalu apa bedanya bro?
Gini bedanya:

-Blog adalah sebuah aplikasi web yang memuat tulisan dan gambar atau yang disebut posting. Yang fungsinya sangat beragam, bisa berupa catatan harian, media publikasi, dll.
-Kapasitas penyimpanan blog hanya berupa gambar dan tulisan. Sehingga sangat cocok untuk memajang product atau hanya sekedar berbagi foto. Namun maraknya hosting gratis seperti 4shared.com dan zhidu.com membuat blog juga dapat diberi menu download. Jadi postingan kita ngelink di 4shared.com 


-Website sama fungsinya, namun biasanya website jarang sekali update postingnya, karena biasanya website memuat hal yang bersifat informasi umum. Jarang kan website yang berupa catatan harian. Dan bedanya lagi adalah saat memasukan data. Jika blog tinggal posting, jika web harus otak - atik pakai software segala,
-Web mempunyai hosting sendiri sehingga tidak perlu ngelink di hosting gratis. 


Website
Penulisan secara kamus sebenarnya terdiri dari dua kata Web Site, karena WEB sendiri merupakan kependekan dari World Wide Web (disingkat WWW), namun sudah terlanjur dipakai secara umum penulisan nya menjadi website.
Saya pun lebih sering menggunakan penulisan website (digabung) di blog saya karena banyak pengguna internet yang menggunakan penulisan website yang disambung pada saat mencari informasi di search engine.  


Nah, blog 
adalah website yang isinya berupa tulisan-tulisan yang merupakan opini dari pemilik blog. Biasanya blog disajikan berurutan berdasarkan tanggal. Tulisan terbaru yang dibuat, dimunculkan di paling atas. Ciri lain dari blog adalah adanya komentar. Pembaca blog bisa memberikan tanggapan terhadap isi tulisan. Penulis blog bisa memberikan balasannya pula di bagian komentar itu.

Rujukan http://id.wikipedia.org/



4 komentar:


***_My Banner_***

Fictoriya Fernandes

Kalau ingin tukeran Link dan Banner...
Silahkan klik disini


Masukkan alamat email sobat, untuk berlangganan artikel terbaru :

Alamat email sobat :